Simak Baik-baik, Wanita Menopause Membutuhkan 5 Jenis Vitamin Ini

Category: Kesehatan Comments: No comments

            Kondisi kesehatan seseorang akan terus menurun seiring bertambahnya usia. Berbagai penyakit pun mulai menyerang apalagi bagi wanita yang sudah memasuki masa menopause. Saat memasuki masa menopause, wanita membutuhkan banyak nutrisi, asupan dan vitamin yang wajib dipenuhi agar tetap sehat. Berikut vitamin yang dibutuhkan oleh wanita menopause berdasarkan penjelasan dari dr. Arina :

Vitamin yang Dibutuhkan Wanita Menopause

1. Vitamin B12

            Osteoporosis adalah kondisi yang rentan dialami oleh wanita menopause. Hal ini terjadi karena kadar estrogen menurun sehingga kepadatan tulang menurun. Sehingga, untuk mencegah osteoporosis, wanita menopouse harus memenuhi vitamin B12 untuk memiliki kesehatan tulang yang baik dan terjaga. Vitamin B12 juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan saraf, memproduksi sel darah merah.

2. Vitamin B6

            Perubahan suasanan hati bisa dialami oleh wanita menopause sepanjang hari. Maka vitamin B6 dibutuhkan untuk mengatasi kondisi ini. Vitamin B6 bermanfaat untuk meningkatkan hormon serotonin di dalam tubuh sehingga mood swing bisa diatasi. Vitamin B6 terdapat pada pisang, alpukat, pepaya dan sayuran hijau.

3. Vitamin D

            Vitmain D bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan tulang pada wanita yang sudah memasuki usia menopause. Asupan vitamin D bisa didapat dari sinar matahari di pagi hari.

4. Vitamin E

            Depresi juga bisa dialami oleh seseorang yang sudah menopause. Depresi bisa diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E tinggi. Selain itu, vitamin E juga bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung dan mencegah kenaikan berat badan. Contoh makanan yang mengandung vitamin E seperti tomat, paprika, bayam, kacang almond, kiwi, ikan salmon dan brokoli.

5. Kalsium

            Kebutuhan kalsium meningkat saat wanita memasuki usia menopause. Alasannya karena jumlah hormon estrogen di dalam tubuh juga menurun seiring usia yang semakin bertambah. Makanan seperti keju, yoghurt, susu sapi bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan kalsium. Sedangkan penuruna  kadar estrogen bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kedelai seperti tempe, tahu,dsb. Kedelai mengandung isoflavon yang diubah menjadi estrogen di dalam tubuh.

Bagaimana Jika Tubuh Terlalu Banyak Vitamin?

            Vitamin memang dibutuhkan oleh tubuh agar tetap sehat. Namun, segala sesuatu yang berlebihan tentu memberikan dampak yang tidak baik begitu juga saat mengonsumsi vitamin. Jika dikonsumsi secara berlebihan, vitamin bisa memberikan efek samping bagi kesehatan tubuh. Berdasarkan penjelasan dari dr. Arina, vitamin dapat berubah menjadi racun saat dikonsumsi secara berlebihan meskipun vitamin bisa larut di dalam air dan bisa dikeluarkan oleh tubuh.

            Seseorang yang mengalami kelebihan vitamin D bisa memicu masalah jantung yang serius. Dosis vitamin D paling aman untuk dikonsumsi bagi orang dewasa yakni sebanyak 4000 IU, berdasarkan penjelasan dari dr. Arina. Sedangkan jika tubuh terlalu banyak mendapatkan asupan vitamin B6 dan B12, maka yang terjadi adalah kadar gula darah menjadi tinggi. Selain itu, akan timbul masalah kulit lainnya seperti masalah kulit, masalah jantung, dan risiko kalium rendah.

            Dampak yang terjadi akan berbeda-beda tergantung pada jenis vitamin yang dikonsumsi. Sehingga, dr.Arina menganjurkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin apabila dari makanan sudah cukup untuk memenuhi vitamin harian. Apabila masih ragu dengan berapa banyak asupan vitamin yang dibutuhkan tubuh, miliki vitamin apps download untuk mendapatkan informasi yang akurat dari para dokter di Klikdokter. Jangan ragu untuk menginstal aplikasi yang bisa dinikmati di smartphone. Kamu juga bisa menikmati layanan lainnya seperti beli obat online, dan layanan kesehatan lainnya.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>